Nama : Muhammad fadillah
Kelas : 9-6
BAB 2Absen : 24



SISTEM JARINGAN




A.Pengertian jaringan
Jaringan komputer dapat di artikan sebagai suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer yang berdiri sendiri (stand alone).
Ciri ciri dari jaringan komputer adalah
1.    Berbagi perangkat keras (hardware) komputer.
2.    Berbagi perangkat lunak (software) komputer.
3.    Berbagi saluran komunikasi
4.    Berbagi data dengan mudah
5.    Memudahkan komunikasi antar pemakian jaringan
Manfaat jaringan komputer adalah sebagai berikut
1.    Sharing resources
2.    Media komunikasi integrasi data
3.    Pengembangan dan pemeliharaan
4.    Keamanan data
5.    Sumber daya lebih efisien dan informasi terkini
B. jenis jenis jaringan komputer
          1. jaringan komputer berdasarkan metode Distribusi Data
          A. jaringan terpusat(hot based network)
terdiri atas beberapa komputer terminal yang terhubung ke komputer induk (host). Komputer induk berisi data dan aplikasi dan melaksanakan hamper semua pengolahan data. Terminal dalam jaringan terpusat dapat berupa dumb terminal (terminal bisu) yaitu terminal yang tak memiliki alat pemroses data. Contoh monitor yang terhubung secara fisik dengan komputer induk.
B.      Jaringan terdistribusi
terdiri atas beberapa komputer induk yang terhubung dengan berbagai terminal. Jaringan terdistribusi secara fisik dapat dibentuk dari penggabungan jaringan terpusat.
2. Jaringan computer Berdasarkan Hubungan Fungsional Computer Dalam Pemrosesan Data.
A. jaringan client server terdiri atas sebuah server atau lebih yang terhubung dengan beberapa computer client.
B.  jaringan peer to peer terdiri atas beberapa terminal yang saling terhubung. Prinsipnya adalah setiap computer dalam jaringan dapat berfungsi sebagai penyedia layanan(server) sekaligus client.
3. jaringan computer berdasarkan jangkauan wilayah
A. LAN (Local Area Network) atau jaringan lokal.
LAN(Local Area Neteork) merupakan suatu kumpulan computer di mana terdapat beberapa unit  computer (client) dan 1 unit computer untuk bank data (server). Antara masing masing client maupun antara client dan server dapat saling bertukar file maupun saling menggunakan printer yang terhubung pada unit unit komputer yang terhubung pada jaringan LAN.
B.      Metropolitan Area Network (MAN)
Bisa dikatakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan teknologinya sama dengan LAN. Jaringan komputer yang besar dan biasanya digunakan di sekolah, kampus ataupun kota. Terdapat dua jenis koneksi yaitu koneksi dengan cara wireless atau dengan kabel fiber optik. MAN mampu menunjang suara dan data serta dapat terhubung dengan jaringan televisi kabel. Contoh MAN adalah kantor-kantor pemerintah yang terdapat dalam sebuah kota dapat di hubungkan dengan MAN, diharapkan dapat berbagi data antara satu instansi dengan instansi yang lain. Misalkan kantor Dinas Pendidikan dapat berbagi data dengan Dinas Pariwisata.
C.       Wide Area Network (WAN)
Adalah jaringan komputer yang mencakup area yang lebih luas, melibatkan kesatuan komputer yang lebih banyak. WAN akan mampu mengoneksikan pengguna-pengguna jaringan dalam  daerah jangkauan yang lebih luas (negara atau benua). WAN berfungsi mengoneksikan antar komputer, printer dan device yang lain dalam satu jaringan. WAN pada dasarnya adalah kumpulan LAN yang ada di beberapa lokasi. Dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkan LAN-LAN dengan WAN yaitu router (berfungsi merawat mengatur address-address LAN dan WAN).
4.       Penggolongan Jaringan Berdasarkan Metode Koneksinya.
A.      Jaringan berkabel, yaitu jaringan yang menggunakan kabel untuk menghubungkan anggota jaringan. Ada  beberapa macam kabel yang biasa digunakan dalam jaringan, yaitu kabel koaksial (coaxial), twisted pair yang meliputi kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) dan kabel STP (Shielded Twisted Pair), serta serat optic (FO=fiber optic).
B.      Jaringan nirkabel, yaitu jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk koneksi antar anggota jaringan. Salah satu teknologi yang digunakan dalam wireless network ini adalah teknologi WIFI (wireless fidelity). 

You May Also Like

0 komentar