Organisasi Komputer Dasar

Organisasi Dasar Komputer
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.


Sebuah komputer moderen/digital dengan program yang tersimpan di dalamnya merupakan sebuah sistem yang memanipulasi dan memproses informasi menurut kumpulan instruksi yang diberikan. Sistem tersebut dirancang dari modul-modul hardware seperti :
1. Register
2. Elemen aritmatika dan logika
3. Unit pengendali
4. Unit memori
5. Unit masukan/keluaran (I/O)
  • Komputer dapat dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu :
           
1. Unit pengolahan pusat (CPU)
CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU (Aritmathic Logic Unit). Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
• Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika.
• Mengawasi kerja dari ALU.
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.
2.      Unit masukan/keluaran (I/O)
Berupa unit yang digunakan sebagai masukan dan keluaran  data missal input : mouse, keyboard, scanner dsb. Output : monitor, printer, speaker dsb.
3.      Unit memori
Berperan dalam fungsi penyimpanan data yang diproses baik sementara maupun tetap (permanen). Missal RAM, Register, dan Harddisk.

Stuktur Dasar Komputer
Pada sebuah komputer modern/digital dengan program yang tersimpan didalamnya merupakan sebuah sistem yang memanipulasi dan memproses informasi menurut kumpulan instruksi yang diberikan. Struktur dasar komputer adalah sebagai cara-cara setiap komponen yang menyusun komputer saling berkaitan, komponen-komponen disusun dengan alur-alur bus yang mengalirkan data, alat dan mengendalikan antar komponen tersebut.
Suatu sistem komputer terdiri dari lima unit struktur dasar komputer, yaitu:
   · Unit masukan (Input Unit)
   · Unit kontrol (Control Unit)
   · Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit /ALU)
   · Unit memori/penyimpanan (Memory/Storage Unit)
   · Unit keluaran (Output Unit)

      Control Unit dan ALU membentuk suatu unit tersendiri yang disebut Central Processing Unit (CPU). Didalam CPU inilah semua kerja komputer dilakukan. Maka CPU sangatlah penting didalam sebuah perangkat komputer.

Hal-hal yang perlu dilakukan CPU adalah:
  a) Membaca, mengkodekan dan mengeksekusi instruksi program
  b) Mengirim data dari dan ke memori, serta dari dan ke bagian input/output
  c) Merespon interupsi dari luar

Adapun fungsi utama dari masing-masing Unit adalah:
   1. Unit masukan (Input Unit)

       Berfungsi untuk menerima masukan kemudian membacanya dan diteruskan ke           memory/penyimpanan.

   2. Unit kontrol (Control Unit)

       Berfungsi untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pengendalian seluruh sistem komputer. CU disebut juga sebagai pengatur rumah tangga pada suatu komputer.
Tugas dari kontrol unit adalah:
   a) Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
   b) Mengambil instruksi-instruksi dari main memory
   c) Mengirim instruksi ke aritmatika dan logic unit
   d) Menyimpan hasil proses ke main memory

   3. Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit /ALU)

      Berfunsi untuk melaksanakan pekerjaan perhitungan atau aritmatika dan logika seperti menambah, mengurangi, mengalikan, membagi dan memangkatkan. Selain itu juga melaksanakan pekerjaan seperti pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data, membandingkan data dll. Sehingga ALU merupakan bagian inti dari suatu sistem komputer.

    4. Unit memori/penyimpanan (Memory/Storage Unit)

      Berfungsi untuk menampung data/program yang ditrerima dari unit masukan sebelum diolah oleh CPU dan juga menerima data setelah diolah oleh CPU yang selanjutnya diteruskan kesuatu unit keluaran. Pada bagian ini terdapat dua buah memory yaitu RAM (Random Access Memory) yaitu bagian memory yang dapat melaksanakan membaca dan menulis, sedangkan ROM (Read Only Memory) yaitu bagian memory yang hanya dapat membaca tanpa bisa menulis. Memory dibagi dalam dua bagian yaitu memory utama dan cadangan.

    5. Unit keluaran (Output Unit)

       Berfungsi untuk menerima hasil pengolahan data dari CPU melalui memory. Seperti halnya pada unit masukan maka unit keluaran dikenal juga istilah peralatan keluaran (output device) dan media keluaran (output media).

Beberapa alat keluaran diantaranya adalah:
    a. Monitor
       Suatu alat yang berfungsi untuk menampilkan dua data atau informasi dalam bentuk teks atau grafik.

    b. Printer
        Suatu alat untuk mencetak informasi yang dihasilkan oleh komputer.

    c. Speaker
        Suatu unit keluaran yang menghasilkan suara

     
Organisasi Komputer
                Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturainya. Contohnya: teknologi hardware, perangkat antar muka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Organisasi komputer juga membantu rencana pemilihan prosessor untuk untuk suatu proyek tertentu. Proyek multimedia membutuhkan akses data yang sangat cepat, sedangkan perangkat lunak pengawas mungkin perlu penyela cepat. 

Struktur organisasi komputer adalah:
1.       Input device (alat masukan)
Adalah perangkat keras komputer sebagai alat untuk masukan data atau perintah kedalam komputer.
2.       Output device (alat keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data.
3.       Port I/O
Adalah untuk menerima ataupun mengirim data keluar sistem. Peralatan input dan ouput terhubung pada port ini.
4.       CPU (Central Processing Unit)
Berfungsi sebagai pengontrol kerja komputer yang didalam CPU terdiri dari ALU (Arithmetical Logical Unit), CU (Control Unit) dan register-register.
5.       Memori
Memori terbagi menjadi 2 bagian yaitu memori internal dan eksternal. Memory internal berupa RAM (Random Access Memory) yaitu bagian memory yang dapat melaksanakan membaca dan menulis, sedangkan ROM (Read Only Memory) yaitu bagian memory yang hanya dapat membaca tanpa bisa menulis, sedangkan memori eksternal berupa Hardisk, CD ROM, flasdisk dll.
6.       Data bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat.
7.       Address bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memri yang ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20,24, atau 32 jalur paralel.
8.       Control bus
Digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke data bus dan address bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.
Fungsi dari organisasi komputer adalah:
1.       Fasilitas pekerjaan
Didalam organisasi komputer terhubung berbagai jenis komputer baik itu software serta hardware yang sangat berguna dalam mendukung banyak jenis pekerjaan. Misalnya melalui Microsoft Excel seseorang dapat mengolah data dengan sistem yang jauh lebih cepat, kemudian dengan adanya sofware pengedit gambar seorang photographer bisa merubah tampilan gambar yang tadinya kurang jelas menjadi lebih jelas dan terang. 
2.       Komunikasi
Dengan adanya komputer, seseorang bisa berhubungan dengan orang lain melalui sebuah jaringan internet. Dengan internet mereka dapat berkomunikasi dalam rentang jarak yang cukup jauh. Komunikasi yang terjadi dalam organisasi komputer tidak hanya sebatas komunukasi biasa, tetapi juga bisa mekukan perpindahan data baik data itu banyak maupun sedikit.
3.       Hiburan
Fungsi hiburan sangat erat dengan permainan atau biasa disebut game. Didalam suatu organisasi komputer sesorang bisa menghandalkan internet untuk bisa bermain game secara bersama-sama meskipun pemain gamenya jauh atau antar negara. Itu akan menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan bisa bermain dengan orang yang belum kita kenal.
4.       Kontrol
Fungsi organisasi komputer sebagai kontrol sangat banyak digunakan sekarang ini. Sebagai contoh untuk mengontrol sistem pengaman dalam gedung ataupun perkantoran dengan menggunakan CCTV yang terhubung dengan komputer sehingga keamanan gedung bisa di pantau dari jarak yang cukup jauh. Atau juga sistem pengamanan pada bank agar tidak terjadi pencurian uang.



Sumber:

You May Also Like

0 komentar