Organisasi Komputer Dasar
Organisasi
Dasar Komputer
Organisasi
komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan
interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek
arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware,
perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.
Sebagai contoh apakah suatu komputer
perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan
arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan
secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Sebuah komputer moderen/digital
dengan program yang tersimpan di dalamnya merupakan sebuah sistem yang
memanipulasi dan memproses informasi menurut kumpulan instruksi yang diberikan.
Sistem tersebut dirancang dari modul-modul hardware seperti :
1. Register
2. Elemen aritmatika dan logika
3. Unit pengendali
4. Unit memori
5. Unit masukan/keluaran (I/O)
- Komputer dapat dibagi menjadi 3
bagian utama, yaitu :
1.
Unit pengolahan pusat (CPU)
CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi
sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya.
termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi
dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi
untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan
mengirim instruksi tersebut ke ALU (Aritmathic Logic Unit). Hasil dari
pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan
pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit
kendali ini adalah:
• Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
• Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
• Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk
diproses.
• Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika
atau perbandingan logika.
• Mengawasi kerja dari ALU.
• Menyimpan hasil proses ke memori utama.
2.
Unit masukan/keluaran (I/O)
Berupa unit yang digunakan sebagai masukan dan keluaran
data missal input : mouse, keyboard, scanner dsb. Output : monitor,
printer, speaker dsb.
3.
Unit memori
Berperan dalam fungsi penyimpanan data yang diproses baik
sementara maupun tetap (permanen). Missal RAM, Register, dan Harddisk.
Stuktur Dasar Komputer
Pada sebuah komputer modern/digital dengan program yang
tersimpan didalamnya merupakan sebuah sistem yang memanipulasi dan memproses
informasi menurut kumpulan instruksi yang diberikan. Struktur dasar komputer
adalah sebagai cara-cara setiap komponen yang menyusun komputer saling
berkaitan, komponen-komponen disusun dengan alur-alur bus yang mengalirkan
data, alat dan mengendalikan antar komponen tersebut.
Suatu sistem komputer terdiri dari lima unit struktur dasar
komputer, yaitu:
· Unit masukan (Input Unit)
· Unit kontrol (Control Unit)
· Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit /ALU)
· Unit memori/penyimpanan (Memory/Storage Unit)
· Unit keluaran (Output Unit)
· Unit kontrol (Control Unit)
· Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit /ALU)
· Unit memori/penyimpanan (Memory/Storage Unit)
· Unit keluaran (Output Unit)
Control Unit dan ALU membentuk suatu unit tersendiri yang disebut Central Processing Unit (CPU). Didalam CPU inilah semua kerja komputer dilakukan. Maka CPU sangatlah penting didalam sebuah perangkat komputer.
Hal-hal yang perlu dilakukan CPU adalah:
a) Membaca, mengkodekan dan mengeksekusi instruksi program
b) Mengirim data dari dan ke memori, serta dari dan ke bagian input/output
c) Merespon interupsi dari luar
Adapun fungsi utama dari masing-masing Unit adalah:
1. Unit masukan (Input Unit)
Berfungsi untuk menerima masukan kemudian membacanya dan diteruskan ke memory/penyimpanan.
2. Unit kontrol (Control Unit)
Berfungsi untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pengendalian seluruh sistem komputer. CU disebut juga sebagai pengatur rumah tangga pada suatu komputer.
Tugas dari kontrol unit adalah:
a) Mengatur dan mengendalikan alat-alat
input dan output
b) Mengambil instruksi-instruksi dari main memory
c) Mengirim instruksi ke aritmatika dan logic unit
d) Menyimpan hasil proses ke main memory
3. Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit /ALU)
b) Mengambil instruksi-instruksi dari main memory
c) Mengirim instruksi ke aritmatika dan logic unit
d) Menyimpan hasil proses ke main memory
3. Unit logika dan aritmatika (Arithmetic & Logical Unit /ALU)
Berfunsi untuk melaksanakan pekerjaan perhitungan atau aritmatika dan logika seperti menambah, mengurangi, mengalikan, membagi dan memangkatkan. Selain itu juga melaksanakan pekerjaan seperti pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data, membandingkan data dll. Sehingga ALU merupakan bagian inti dari suatu sistem komputer.
4. Unit memori/penyimpanan (Memory/Storage Unit)
Berfungsi untuk menampung data/program yang ditrerima dari unit masukan sebelum diolah oleh CPU dan juga menerima data setelah diolah oleh CPU yang selanjutnya diteruskan kesuatu unit keluaran. Pada bagian ini terdapat dua buah memory yaitu RAM (Random Access Memory) yaitu bagian memory yang dapat melaksanakan membaca dan menulis, sedangkan ROM (Read Only Memory) yaitu bagian memory yang hanya dapat membaca tanpa bisa menulis. Memory dibagi dalam dua bagian yaitu memory utama dan cadangan.
5. Unit keluaran (Output Unit)
Berfungsi untuk menerima hasil pengolahan data dari CPU melalui memory. Seperti halnya pada unit masukan maka unit keluaran dikenal juga istilah peralatan keluaran (output device) dan media keluaran (output media).
Beberapa alat keluaran diantaranya adalah:
a. Monitor
Suatu alat yang berfungsi untuk menampilkan dua data atau informasi dalam bentuk teks atau grafik.
b. Printer
Suatu alat untuk mencetak informasi yang dihasilkan oleh komputer.
c. Speaker
Suatu unit keluaran yang menghasilkan suara
Organisasi Komputer
Organisasi
komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan
interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek
arsitekturainya. Contohnya: teknologi hardware, perangkat antar muka, teknologi
memori, dan sinyal-sinyal kontrol. Organisasi komputer juga membantu rencana
pemilihan prosessor untuk untuk suatu proyek tertentu. Proyek multimedia
membutuhkan akses data yang sangat cepat, sedangkan perangkat lunak pengawas
mungkin perlu penyela cepat.
Struktur organisasi komputer adalah:
1. Input
device (alat masukan)
Adalah perangkat keras
komputer sebagai alat untuk masukan data atau perintah kedalam komputer.
2. Output
device (alat keluaran)
Adalah perangkat keras
komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan
data.
3. Port I/O
Adalah untuk menerima
ataupun mengirim data keluar sistem. Peralatan input dan ouput terhubung pada
port ini.
4. CPU
(Central Processing Unit)
Berfungsi sebagai
pengontrol kerja komputer yang didalam CPU terdiri dari ALU (Arithmetical
Logical Unit), CU (Control Unit) dan register-register.
5. Memori
Memori terbagi menjadi
2 bagian yaitu memori internal dan eksternal. Memory internal berupa RAM (Random
Access Memory) yaitu bagian memory yang dapat melaksanakan membaca dan menulis,
sedangkan ROM (Read Only Memory) yaitu bagian memory yang hanya dapat membaca
tanpa bisa menulis, sedangkan memori eksternal berupa Hardisk, CD ROM, flasdisk
dll.
6. Data
bus
Adalah jalur-jalur
perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat
tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah
saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat.
7. Address
bus
Digunakan untuk
menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur
ini, CPU akan mengirimkan alamat memri yang ditulis atau dibaca. Address bus
biasanya terdiri atas 16, 20,24, atau 32 jalur paralel.
8. Control
bus
Digunakan untuk
mengontrol penggunaan serta akses ke data bus dan address bus. Terdiri atas 4
sampai 10 jalur paralel.
Fungsi dari organisasi komputer adalah:
1. Fasilitas
pekerjaan
Didalam organisasi komputer terhubung berbagai jenis
komputer baik itu software serta hardware yang sangat berguna dalam mendukung
banyak jenis pekerjaan. Misalnya melalui Microsoft Excel seseorang dapat
mengolah data dengan sistem yang jauh lebih cepat, kemudian dengan adanya
sofware pengedit gambar seorang photographer bisa merubah tampilan gambar yang
tadinya kurang jelas menjadi lebih jelas dan terang.
2. Komunikasi
Dengan adanya komputer,
seseorang bisa berhubungan dengan orang lain melalui sebuah jaringan internet.
Dengan internet mereka dapat berkomunikasi dalam rentang jarak yang cukup jauh.
Komunikasi yang terjadi dalam organisasi komputer tidak hanya sebatas
komunukasi biasa, tetapi juga bisa mekukan perpindahan data baik data itu
banyak maupun sedikit.
3. Hiburan
Fungsi hiburan sangat
erat dengan permainan atau biasa disebut game. Didalam suatu organisasi
komputer sesorang bisa menghandalkan internet untuk bisa bermain game secara
bersama-sama meskipun pemain gamenya jauh atau antar negara. Itu akan menjadi
suatu hal yang sangat menyenangkan bisa bermain dengan orang yang belum kita
kenal.
4. Kontrol
Fungsi organisasi
komputer sebagai kontrol sangat banyak digunakan sekarang ini. Sebagai contoh
untuk mengontrol sistem pengaman dalam gedung ataupun perkantoran dengan
menggunakan CCTV yang terhubung dengan komputer sehingga keamanan gedung bisa
di pantau dari jarak yang cukup jauh. Atau juga sistem pengamanan pada bank
agar tidak terjadi pencurian uang.
Sumber:
0 komentar