Asas asas Pengetahuan Lingkungan

Pendahuluan
1.1 Latar belakang
         Asas Adalah prinsip dasar yang menjadi acuan pikir seseorang dalam mengambil keputusan keputusan yang penting di dalam hidup nya.
            Dalam pengerahuan lingkungan juga terdapat asas asas yang harus kita pahami agar hubungan antar komponen lingkungan mempunyai keteraturan tertentu yang bermanfaat untuk menghindari penyimpngan-penyimpangan yang dapat menurunkan kualitas lingkungan.

Teori
2.1 Teori
     Dalam pengetahuan lingkungan terdapat asas asas,Berikut adalah asas asas tersebut:
  1. Semua energi yang memasuki organisme hidup, populasi atau ekosistem dapat dianggap sebagai energi yang tersimpan atau terlepaskan. Asas ini didasari oleh Hukum Kekekalan Energi di mana energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya dapat diubah dari 1 bentuk energi ke bentuk energi yang lain.
  2.  Tidak ada sistem pengubahan energi yang benar-benar efisien. Asas ini didasari oleh Hukum Termodinamika II
  3. Materi, energi, ruang, waktu, dan keanekaragaman, semuanya termasuk sumber daya alam.
  4. Untuk semua kategori sumber daya alam, kalau pengadaannya sudah mencapai optimum, pengaruh unit pengadaannya sering menurun dengan penambahan sumber alam itu sampai ke suatu tingkat maksimum.
  5. Ada dua jenis sumber daya alam, yaitu sumber alam yang pengadaannya dapat merangsang penggunaan seterusnya, dan yang tak mempunyai daya rangsang penggunaan lebih lanjut.
  6. Individu dan spesies yang mempunyai lebih banyak keturunan dari pada saingannya, cenderung berhasil mengalahkan saingannya. Individu dan spesies yang mampu beradaptasi, cenderung berhasil dalam bertahan.
  7. Kemantapan keanekaragaman suatu komunitas lebih tinggi di alam lingkungan yang “mudah diramal”.
  8. Sebuah habitat dapat jenuh atau tidak oleh keaneka-ragaman takson, bergantung kepada nicia dalam lingkungan hidup itu dapat memisahkan takson tersebut.
  9. Keanekaragaman komunitas apa saja sebanding dengan biomasa dibagi produktivitas.
  10. Dalam lingkungan stabil perbandingan antara biomasa dengan produktivitasdalam perjalanan waktu naik mencapai asimtoot.
  11. Sistem yang sudah mantap (dewasa) mengeksploitasi sistem yang belum mantap (muda).
  12. Kesempurnaan adaptasi suatu sifat atau tabiat bergantung kepada kepentingan relatifnya di dalam keadaan suatu lingkungan.
  13. Lingkungan yang secara fisik mantap (dewasa) memungkinkan terjadinya keanekaragaman biologi dalam ekosistem yang mantap (dewasa), yang kemudian dapat menggalakkan kemantapan populasi.
  14. Derajat pola keteraturan naik turunnya populasi bergantung pada jumlah keturunan dalam sejarah populasi sebelumnya yang nantinya akan mempengaruhi populasi itu.
Ke 14 asas tersebut merupakan prinsip dasar dalam pengetahuan lingkungan yang harus kita ketahui agar dapat menghindari penyimpangan penyimpangan yang dapat menurunkan kualitas lingkungan.

Analisis
    Asas asas dalam pengetahuan lingkungan merupakan prinsip dasar untuk kita agar dapat memelihara dan menjaga lingkungan kita dan juga dapat menghindari penyimpangan penyimpanan yang di lakukan oleh oknum bertanggung jawab yang hanya ingin memanfaatkan sesuatu tanpa bertanggung jawab untuk merawat atau menjaga nya.


Referensi:
http://rizkafauzanul.blogspot.co.id/2015/10/ekologi-dan-ilmu-lingkungan.html

You May Also Like

0 komentar